Program Magister Komputer

Zachman Framework


Zachman Framework merupakan salah satu kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan Enterprise Architecture (diperkenalkan oleh John Zachman). Framework ini pertama kali dipublikasikan artikel deskpripsi kerangka kerja di IBM System Journal pada tahun 1987. Ia menemukan bahwa bermacam-macam dokumen, ada yang berbentuk teks, diagram, gambar dan lain-lain. Dokumen-dokumen ini kadang menjelaskan hal yang sama, namun menghasilkan informasi yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda pula. Agar dokumen tersebut dapat mudah dipahami dan dikelola, maka Zachman mengusulkan agar dokumen tersebut dikelompok- kelompokkan.

Enterprise Architecture adalah kegiatan pengorganisasian data yang digunakan dan dihasilkan oleh organisasi (mencakup tujuan, proses bisnis) dan merupakan sebuah blueprint bagaimana elemen IT dan manajemen informasi bekerjasama sebagai satu kesatuan. Kerangka kerja ini akan menggambarkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mencapai visi dan tujuan membentuk IT Governance yang baik.

Zachman Framework menyediakan sarana untuk mengklasifikasi arsitektur organisasi. Dengan kata lain, ZF menyediakan wadah untuk menampung seluruh pemahaman individual mengenai perusahan, yang secara abstrak dan parsial terdapat dalam benak tiap manajer. Kerangka kerja ini menyediakan cara yang konsisten dan sistematis menggambarkan suatu perusahaan dan telah digunakan dalam banyak organisasi besar, seperti Volkswagen, General Motors, Bank of America dan Health Canada.

Setelah Zachman framework dikenal sebagai arsitektur sistem informasi, kemudian beberapa framework lain mulai bermunculan seperti Federal Enterprise Architecture Framework (FEAF), The Open Group Architecture Framework (TOGAF), the Department of Defense architecture framework (DoDAF), the Federal Enterprise Architecture (FEA), dan the CIM Open System Architecture (CIMOSA).