Program Magister Komputer

TOGAF Architecture Content Framework

Eksekusi dari langkah TOGAF ADM akan menghasilkan output dari masing-masing fase. Konsep TOGAF architecture content framework menyediakan model struktural untuk konten arsitektur. Model ini memungkinkan produk utama dari arsitektur selalu dapat didefinisikan, distrukturkan, serta dipresentasikan. Konsep ini dimanfaatkan untuk melengkapi TOGAF ADM dalam mendeskripsikan arsitektur. Architecture Content Framework ini memiliki tiga kategori ntuk mendeskripsikan tipe produk arsitektur berdasarkan konteks penggunaannya, yaitu :
  • Deliverable
    Sebuah produk yang spesifik dan secara formal telah direview, disetujui, dan ditandatangani oleh stakeholder. Ini merepresentasikan keluaran dari proyek dan akhirnya diarsipkan pada penyelesaian proyek, atau diubah ke Architecture repository sebagai model referensi, standar, maupun snapshot dari architecture landscape pada sebuah waktu.
  • Artifact
    Produk yang lebih detail dan mendeskripsikan arsitektur dari sebuah aspek spesifik. Biasanya diklasifikasikan sebagai katalog (daftar hal-hal tertentu), matriks (menunjukkan relasi antara hal-hal tertentu), dan diagram (gambar dari hal-hal tertentu). Sebuah deliverable arsitektur dapat memiliki banyak artifak dan artifak membentuk konten dari architecture repository.
  • Building Block
    Komponen bisnis atau komponen TI (Teknologi Informasi) yang potensial untuk digunakan kembali dan dapat digabungkan dengan building block lain untuk menghasilkan arsitektur dan solusi. Building block secara sederhana merupakan objek dari suatu tipe khusus pada TOGAF Architecture Content Framework.

CONTENT METAMODEL
Content metamodel menyediakan definisi dari tipe building block yang ada dalam arsitektur, menunjukkan bagaimana cara mendeskripsikan building block dan menggambarkan keterkaitan antara satu dengan lainnya. Secara akurat, konten metamodel menyediakan struktur formal dari hasil pengerjaan arsitektur untuk memastikan konsistensi dengan ADM, serta menyediakan arahan bagi organisasi.

TOGAF Metamodel TOGAF Metamodel

  1. Architecture Principles, Vision, and Requirements, dimaksudkan untuk menangkap konteks sekitar model arsitektur formal, termasuk prinsip-prinsip arsitektur umum, konteks strategis yang membentuk masukan untuk pemodelan arsitektur, dan persyaratan yang dihasilkan dari arsitektur. Arsitektur konteks biasanya dikumpulkan dalam fase Visi Awal dan Arsitektur.
  2. Business Architecture, menangkap model arsitektur operasi bisnis, melihat khusus pada faktor-faktor yang memotivasi perusahaan, bagaimana perusahaan tersebut organisatoris terstruktur, dan juga apa kemampuan fungsional perusahaan memiliki.
  3. Information Systems Architecture, menangkap model arsitektur sistem TI, melihat aplikasi dan data sejalan dengan TOGAF ADM fase.
  4. Technology Architecture, menangkap aset teknologi diperoleh yang digunakan untuk melaksanakan dan mewujudkan solusi sistem informasi.
  5. Architecture Realization, menangkap perubahan peta jalan yang menunjukkan transisi antara arsitektur negara dan pernyataan yang mengikat yang digunakan untuk mengarahkan dan mengatur sebuah implementasi dari arsitektur.
Arsitektur TOGAF mendasarkan arsitekturnya dalam definisi building blocks pada katalog, menspesifikasikan relasinya melalui matriks, dan menyediakan diagram yang menggambarkan arsitektur. Konsep konten metamodel memiliki subbagian, yaitu :
  • Core and Extension Content
    Pengenalan terhadap core metamodel serta modul ekstensinya untuk mendeskripsikan mengenai arsitektur dengan detail. Core metamodel menyediakan konten arsitektur untuk mendukung traceability pada artifak. Modul ekstensi dimanfaatkan untuk mendukung kebutuhan penjelasan arsitektur yang lebih spesifik dan bersifat opsional.
  • Core Metamodel Entities
    Pengenalan entitas core content metamodel dari TOGAF, menunjukkan tujuan dari masing-masing entitas, serta hubungan kunci yang mendukung traceability dari arsitektur. Konten metamodel ini merupakan basis dari metamodel yang formal, entitas core metamodel adalah aktor, komponen aplikasi, layanan bisnis, entitas data, fungsi, organisasi, platform service, role, serta komponen teknologi.
  • Catalog, Matrix, and Diagram Concept
    Konten metamodel merupakan teknik untuk menstrukturkan informasi arsitektur. Hal ini diwujudkan dengan konsep mengenai building block, katalog, matriks, dan diagram. Building block merupakan objek dari suatu tipe spesifik pada metamodel. Katalog merupakan daftar dari building blocks dalam tipe spesifik. Matriks merupakan tabel yang menunjukkan hubungan antara entitas metamodel. Diagram adalah penggambaran konten arsitektur dalam bentuk grafis. Konten metamodel secara detail memiliki bagian core content metamodel yang mendeskripsikan entitas metamodel. Ini akan membentuk core content metamodel, core architecture artifacts yang mendaftarkan artifak untuk melengkapi core content metamodel, serta full content metamode yang mendeskripsikan entitas metamodel yang membentuk ekstensi dari konten metamodel.

togaf
TOGAF Content Metamodel with Extensions