Program Magister Komputer

UML State Machine Diagram


State Machine Diagram dalam UML kadang disebut dengan Diagram Statechart. Diagram ini menggambarkan perilaku system perangkat lunak yang kita buat dan perilaku kelas, subsistem dan seluruh aplikasi, selain itu diagram state machine bermanfaat juga untuk menyediakan cara yang baik dalam memodelkan komunikasi yang terjadi dengan entitas.

Pada State Machine Diagram, dikategorikan atas dua state machines yang berbeda yaitu :
1. behavioral state machine, menyediakan metode untuk memodelkan keadaan yang berbeda, atau set dari nilainya, bahwa variabel dari kelas bisa pergi selama masa aktifnya. Sebagai contoh, seorang pasien bisa berubah statusnya dari waktu ke waktu misalnya seorang yang sebelumnya pasien baru bisa berubah menjadi pasien sekarang. Masing-masing “tipe” pasien benar-benar menunjukkan keadaan yang berbeda dari pasien yang sama. Keadaan yang berbeda dihubungkan dengan peristiwa yang menyebabkan dalam contoh yaitu pasien untuk berubah dari satu keadaan ke keadaan lainnya.

Behavioral State Machine Diagram

 

2. protocol state machine, mendukung analis dalam merancang hubungan antara unsur-unsur antarmuka pada kelas. Sebagai contoh, biasanya anda harus membuka file atau database sebelum query atau memperbarui itu. Tidak seperti mesin penentu sifat, mesin penentu protokol bisa dikaitkan dengan port pada komponen atau interface pada kelas. Mesin penentu protokol sangat khusus.

protocol State Machine Diagram