Program Magister Komputer

UML Class Diagram

Class Diagram merupakan diagram yang selalu ada di permodelan sistem berorientasi objek. Class menggambarkan atribut/properti struktur sistem dengan menunjukkan kelas sistem, atribut, dan relasi antar kelas. Pada tahap desain, class diagram mengilustrasikan struktur arsitektur sistem yang dibuat dan bagaimana mereka saling berkolaborasi untuk mencapai suatu tujuan.

 

Class memiliki tiga area pokok :

  1. Nama dan Stereotype, nama Class dimulai huruf kapital dan haruslah unik, karena ini adalah identitas yang dimiliki oleh setiap Class. Stereotype adalah sebuah mekanisme yang digunakan untuk mengkategorikan sebuah class, misal kita ingin mencari form dalam model maka kita dapat menciptakan Form stereotype, dan dapat menemukan seluruh form dalam stereotype Form. Fitur ini akan memudahkan dalam mengorganisasi responsibility dari tiap-tiap class.
  2. Atribut, sebuah class bisa memiliki beberapa attribute atau tidak sama sekali. Atribut di sini menunjukkan informasi yang dimiliki oleh suatu kelas, merepresentasikan property model. Atribut memiliki sifat sebagai berikut :
    • Private, tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.
    • Protected, hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya
    • Public, dapat dipanggil oleh siapa saja.
  3. Operation, abstraksi dari segala sesuatu yang dapat kita lakukan pada sebuah object dan ia berlaku untuk semua object yang terdapat dalam class tersebut.
Contoh Class Diagram:
Class Diagram