Program Magister Komputer

Unified Modeling Language 2.2

UML Logo

 

id.wikipedia.org- Unified Modeling Language (UML) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan, memvisualisasikan, membangun, dan mendokumentasikan suatu sistem informasi. UML dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh Grady Booch, Jim Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. Namun demikian UML dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem informasi. Penggunaan UML dalam industri terus meningkat. Ini merupakan standar terbuka yang menjadikannya sebagai bahasa pemodelan yang umum dalam industri peranti lunak dan pengembangan sistem.

Dimulai pada bulan Oktober 1994 Booch, Rumbaugh dan Jacobson, yang merupakan tiga tokoh yang metodologinya banyak digunakan mempelopori usaha untuk penyatuan metodologi pendesainan berorientasi objek. Pada tahun 1995 direlease draft pertama dari UML (versi 0.8). Sejak tahun 1996 pengembangan tersebut dikoordinasikan oleh Object Management Group (OMG – http://www.omg.org).

Tahun 1997 UML versi 1.1 muncul, kemudian pada bulan Maret 2003 diperkenalkan versi 1.5. Booch, Rumbaugh dan Jacobson menyusun tiga buku serial tentang UML pada tahun 1999. Sejak saat itulah UML telah menjelma menjadi standar bahasa pemodelan untuk aplikasi berorientasi objek. Hingga saat ini UML sudah versi 2.2.

UML 2.2 memiliki 14 jenis diagram yang dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu Structural Diagrams (7 jenis diagram) dan Behavior Diagrams (7 jenis diagram). Secara hierarkis kategori diagram ini dapat ditunjukkan dalam bagan sebagai berikut:

Uml_Diagram.png

Structure Diagram
Struktur diagram menekankan pada hal-hal yang wajib ada di dalam sistem yang akan dimodelkan. Karena mewakili struktur, diagram struktur digunakan secara ekstensif dalam mendokumentasikan arsitektur sistem perangkat lunak.
Behavior diagram
Behavior diagram menekankan apa yang harus terjadi dalam sistem yang dimodelkan dan menggambarkan perilaku sistem, diagram ini sering digunakan secara ekstensif untuk menggambarkan fungsi sistem perangkat lunak.